Mengenal Framework Ionic   Administrator         11 Agustus 2016         11:52:00         374x

Ionic adalah framework untuk membangun aplikasi hybrid mobile dengan teknologi HTML5, CSS, dan AngularJS. Ionic menggunakan Node.js SASS dan AngularJS sebagai engine-nya. Ionic terdiri dari komponen-komponen CSS seperti button, list, card, form, grids, tabs, dan masih banyak lagi. Jadi Ionic itu merupakan teknologi web yang bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi untuk mobile atau smartphone, karena jenisnya hybrid maka aplikasi cukup dibuat 1x sudah bisa digunakan di lebih dari 1 platform alias cross-platform.

Jadi developer tidak perlu lagi menggunakan bahasa Java untuk membuat aplikasi Android, bahasa C# untuk membuat aplikasi Windows Phone, dan menggunakan Objective-C / Swift untuk membuat aplikasi iOS. Hanya dengan menggunakan teknologi HTML5, CSS, dan AngularJS sudah dapat dijalankan pada ketiga platform tersebut.

Kelebihan Ionic adalah mempersingkat waktu dalam pengembangan, karena bersifat hybrid maka hanya tulis 1x dan jalan disetiap perangkat. Adapun Ionic bersifat gratis dan bebas digunakan untuk kepentingan pribadi maupun komersil.

Dan yang perlu diingat bahwa Ionic hanyalah framework atau kerangka saja, jika ingin merilis atau membungkusnya menjadi menjadi aplikasi Android dan iOS dierplukan Apache Cordova / Phonegap.

Ada hal yang perlu diketahui oleh para developer yang ingin menggunakan Ionic Framework, bahwa Ionic menggunakan teknologi web yang artinya aplikasi ini berjalan diatas layer webkit, maka performa aplikasi yang dikembangkan menggunakan kerangka Ionic tidak akan memiliki performa seperti yang dimiliki oleh aplikasi native.




OUR PROFESSIONAL TEAM

Jakfar ZakariaProgrammer
Ricky Juniar IskandarSystem Analyst
Rijalul FikriNetwork Engineer
SyahrialAccountant
Copyright @ 2015 samudraaplikasiaceh.com, All right reserved